Selasa, 26 Februari 2008

Kelompok Tani SICANTIK

Kelompok Tani 'Si Cantik' adalah organisasi kelompok tani yang berdomsili di Dusun Ledoknongko, Bangunkerto, Turi,Sleman.
Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi telah dikenal sebagai desa penghasil salak terbesar di Indonesia. Mayoritas penduduk di wilayah desa ini memiliki sumber penghasilan dari perkebunan salak. Alhasil ketika musim panen, bisa mendongkrak penghasilan warga desa. Suasana ini terasa kental ketika memasuki wilayah desa ini, di sepanjang jalan, dan sejauh mata memandang pasti ada kebun salak yang menjadi tumpuan harapan.
Oleh karena itulah untuk mendukung pendapatan, maka para warga membentuk suatu perkumpulan atau biasa disebut dengan kelompok Tani. Kelompok Tani ini terdiri dari para petani salak yang berdomisili di daerah Ledoknongko dan sekitarnya.
Untuk meningkatkan pendapatan warganya, adalah tujuan awal dari terbentuknya kelompok tani salak pondoh ”Si Cantik” . Berawal dari kelompen Capir ”Berseri” yang didirikan oleh Departemen Penerangan, akhirnya berhasil mengumpulkan para petani salak di Dusun Ledoknongko. Setelah dibubarkanya Deprtemen Penerangan, maka dengan inisiatif dari beberapa anggotanya dan keinginnan untuk menjadi lebih maju, dibentuklah suatu pemikiran awal menjadi kelompok Tani.
Sejak tahun 1995, sudah mulai dikembangkan perkebunan salak yang menghasilkan salak organik, dengan nulai mengurangi tingkat pengunaan pestisida maupun pembasmi hama dari bahan kimia lainnya, menjadikan hasil salak mereka memiliki nilai lebih dibandingkan dengan salak dari kebun yang lain.
Kelompok Tani “si Cantik” mulai membuktikan eksistensinya dengan membuat inovasi berupa salak organik. Perbedaan salak organik dengan salak biasa yang utama adalah salak organik lebih ramah lingkungan, tanpa menggunakan pestisida maupun bahan kimia lain yang membahayakan.
Kelompok Tani ini pada awalnya memiliki fungsi hanyalah mengumpulkan warga yang memiliki kebun salak dengan syarat :
1. Punya kebun salak minimal 100 rumpun
2. Berlokasi di ledoknongko
3. Sanggup menuruti aturan organisasi
Dan pada tahun 2002, secara resmi kelompok tani salak pondoh ”Si Cantik” didirikan dan mendapat piagam pengakuan kelas pemula untuk kebun buah.
Asal nama ”Si Cantik” berasal dari :
1. Kata “cantek” yang merupakan anakan pohon salak
2. Kata cantik yang menggambarkan hal-hal indah
Selain itu kata ”CANTIK” juga merupkan singkatan dari pedoman mereka, yaitu :
C : Cekatan A : Antusias N : Nalar T : Telaten I : Inovatif K : Kreatif
Pada Tahun 2007 Kelompok Tani "SICANTIK" mendapatkan penghargaan tingkat nasional untuk kategori ketahanan pangan. Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden RI Bp. Soesilo Bambang Yudhoyono. Sebagai Mitra Produsen INDOMERAPI, kelompok tani "SICANTIK" telah menunjukan kepada kita bahwa pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan tetap merupakan pilihan utama.
disunting dari : www.bangunkerto.com


Tidak ada komentar: